Alasan Penggunaan Tameng Kaca pada bus Sumatera

05:29
sukafotobis.com -  apakah kamu sering memperhatikan bus sumatera, jika iya tentu tidak asing lagi melihat sebuah kawat besi yang menutupi kaca depan pada bus. itulah ciri ciri bus lintas sumatera yang dapat kita kenali melalui penggunakan tameng.

Alasan Penggunaan Tameng Kaca pada bus Sumatera

Yang jadi pertanyaan, apakah menggunakan tameng kaca pada bus lintas sumatera tidak mengganggu penglihatan sopir...? atau sebenarnya fungsi tameng kaca pada bus lintas sumatera ini untuk apa...?. Contoh saja bus Sempati Star yang rata rata armada miliknya menggunakan Tameng kaca dari bus HD sampai bus SDD Double Decker.

nah, Untuk itu kali ini saya akan menjelaskan tentang alasan bus sumatera memakai tameng kaca. karena selama ini banyak mania yang dibingungkan dengan fungsi dari tameng kaca yang menghiasi bis bis Sumatera.

Tameng Kaca Pada Bus Sumatera

Dalam menyambut mudik lebaran tahun 2017, Kemenhub (Kementrian perhubungan) dan badan pengelola transportasi Jabodetabek melakukan pegecekan armada mudik, salah satunya armada bus antar kota antar provinsi atau AKAP di berbagai terminal di wilayah Jabodetabek.

Tidak ketinggalan, pada saat melakukan pengecekan di terminal terpadu Pulo Gebang, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek melihat beberapa bus yang menggunakan tameng kaca, khususnya bus lintas sumatera.

melihat kondisi tersebut lantas BPTJ menanggapi penggunaan pelindung kawat sebagai tameng kaca pada bus yang di khawatirkan akan mengganggu penglihatan sopir sehingga berbahaya.

Menurut Direktur Lalu lintas Ditjen Perhubungan darat, Pandu Yuniato mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada aturan pengenai penggunaan kawat besi sebagai tameng kaca karena berbagai alasan. sehingga permasalahan ini sifatnya situasional.

Jadi Apa Fungsi Tameng Kaca pada Bus

Jika pemasangan tameng kaca pada bus sebagai trend itu salah besar, karena sejatinya penggunaan tameng kaca bukanlah sebuah trend namun sebagai tindakan meminimalisir terjadinya aksi atlet batu alias pelemparan batu pada bus, khususnya di daerah sumatera yang sangat rawan aksi seperti ini.

Bus sempati star kena atlet lempar batu
Contoh kasus atlet batu yang pernah terjadi ialah kasus atlet batu pada bus Kurnia pada tanggal 25 juli 2015 yang mengalami kasus pelemparan batu olek oknum tidak bertanggung jawab, kasus ini terjadi di seuneubok baro, Manyak payed, Aceh Tamiang.

Selajutnya kasus pelemparan batu oktum tidak dikenal juga menimpa PO. Putra Pelangi dengan plat BL 7514 AA di daerah aceh timur, begitu pula kasus yang sama menimpa bus PO Sempati Star dengan Plat nomor BL 7702 AA di kawasa yang sama yaitu aceh timur.

Aksi pelempara batu sangat marak terjadi di Lintas sumatera karena bus sering melewati kawasan kawasan sepi yang rawan tindakan atlet batu, aksi pelemparan batu juga marak terjadi ketika musim mudik lebaran. hal itu membuat para perusahaan otobus terpaksa memasang kawat besi sebagai tameng kaca sebagai tindakan antisipasi kasus atlet batu.

Bukan hanya untuk melidungi kaca, penggunaan tameng kaca pada bus juga sebagai perlindungan untuk sopir dan penumpang bus, dan juga kendaraan lainnya karena selama ini kasus pelemparan bus mengahibatkan kecelakan bagi bus sebagai korban maupun kendaraan disekitarnya.

Fikri sebagai pengamat Transportasi bus mengatakan, penggunaan tameng kawat pada kaca bus bukanlah tren melainkan bentuk perlindungan sopir. walaupun sopir merasa terganggu karena terbatasnya pandangan kedepan sehingga harus konsentrasi penuh.

Sampai saat ini aksi pelemparan batu dari orang tidak dikenal marak terjadi, bukan hanya bus di sumatera namun sudah merambah di jawa, dan bali. hal ini sangat merugikan bagi para perusahaaan otobus yang terpaksa sering sering mengganti kaca bus karena korban atlet batu.

Sayangnya, pihak kepolosian maupun kemenhub atau pihak berwajib lainnya tidak merespon tentang kasus ini. banyak PO bus yang mengharapkan pihak kepolisian bisa memberikan solusi terhadap kasus ini karena merugikan PO bus maupun keselamatan penumpang.

Nah, Gimana ter sudah tahu alasan mengapa bus sumatera memakai kawat besi sebagai tameng kaca. atau jika ada tambahan atau pendapat tentang fungsi dari tameng kaca bus silakan tulis pada kolom komentar yang sudah disediakan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »