inilah Bus Anti Peluru di Papua

06:06
sukafotobis.com - Siapa kira Papua yang terkenal sebagai provinsi terpencil tidak mempunyai transportasi darat yang istimewa, justru papua memiliki bus yang jarang ditemukan di Jawa, tidak lain adalah adalah BUS Anti peluru milik PT Free Port Indonesia.

inilah Bus Anti Peluru di Papua


Bus yang memiliki kemampuan seperti bus presiden ini memiliki segudang cerita menarik dari beberapa orang yang pernah menaikinya. entah apa yang membuat menarik, berikut ini saya sajikan tentang bus anti peluru dari papua.

Bus Anti Peluru Dari Papua

Di Timika, terdapat bus yang berbeda dari yang lain dan jarang ditemukan di Indonesia. di sana terdapat bus dengan kemampuan melindugi penumpangnya dari peluru, alias Anti Peluru.

bus dengan nama INVECO Trakker adalah bus khusus karyawan PT. Free Port Indonesia. yang unik dari bus ini adalah face bus yang berbentuk truck sehingga oleh masyarakat sekitar bus ini sering disebut BUSTRUK.

Tidak sembarang orang bisa menaiki bus unik yang satu ini, hanya orang orang tertentu yang bisa menaiki bus ini, salah satunya ialah karyawan free port dan orang orang yang telah diberi ijin. bus ini biasanya mengantarkan para penumpang dari bandara Moses Kilangin, Timika menuju tembagapura.

Humas PT Free Port, Ledy Simarmata mengatakan bahwa bus ini digunakan sebagai alat transportasi pekerja free port menuju tembaga pura untuk menggantikan Helikopter yang hanya melayani perjalanan ke Tembaga pura pada Pagi hari saja karena ketika Siang hari kondisi alam sudah berkabut.

Bus Anti peluru sengaja dibuat karena sebelum bus ini beroperasi sempat teradi penyerangan orang tidak dikenal sehingga menimbulkan korban Jiwa. Penembakan ini mengarah ke pekerja free port yang sedang berada di perjalanan menuju free port. setelah kejadian ini terjadi, lantas PT free Port tidak ingin peristiwa itu terulang sehingga bus ini pun muncul.

Humas Free Port, Ledy juga sempat melontarkan alasan kenapa bus didesain anti peluru "Anti peluru pada bus ini Untuk Safety, Bagaimann pekerja naik alat transportasi untuk menjamin keselamatan semua Orang"

Sekali perjalan yang ditempuh bus ini Timika-Tembaga pura diperlukan waktu 2-3 Jam. Ledy menegaskan bahwa bus ini bukan transportasi umum melainkan sebatas Fasilitas karyawan PT Free Port Indonesia.

Walaupun terkesan bus pedalaman, namun para penumpang tetap merasa nyaman saat melakukan peralanan. interior didalam bus ini layaknya bus pada umumnya terdapat banyak kursi, namun bedanya bus ini hampir tertutup oleh plat anti peluru pada bagian kaca yang hanya menyisakan 1/8 untuk fentilasi, hal itu membuat penumpang tidak tahu mereka sampai dimana karena tertutup.

Interior bus anti peluru di papua
Walaupun bus ini sudah dilengkapi plat anti peluru, dalam perjalannnya bus ini tetap beberapa kali berhenti di pos pos untuk melakukan pemeriksaan dan pengawalan dari polisi maupun TNI ke tembagapura.

Mungkin perjalan Timika-Tembagapura jika menggunakan Helikopter hanya memakan waktu 15, namun kondisi iklim yang bisa berubah drastis dapat membahayakan penerbangan.

Berhubung peralannan yang lama, ditambah dengan kondisi bus yang tertutup rapat, membuat penumpang didalamnya sering merasa bosan, alhasil penumpang bus ini memilih tidur atau ngobrol.

kekhawatiran berulangnya peristiiwa penembakan sudah mulai lega, karena semenjak di operasikannya bus Anti peluru, aksi teror orang tidak dikenal dapat diatasi.

Nah, Gimana ter...? kepengin merasakan OB bareng bus unik dari tanah papua ini...? kalo saya sih penasaran sensasi muntah dalam bus ini hehehe, karena kondisi bus yang tertutup mungkin kurang bersahabat dengan orang yang sering mabuk perjalanan.

Oke, Mungkin itu saja artikel tentang bus Anti peluru milik PT Free Port Indonesia, Papua. semoga bermanfaat dan jangan lupa SHARE. Jika terdapat kata kata atau pernyataan yang tidak dapat dipahami, silakan kirim komentar pada kolom yang sudah disediakan dibawah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »