Yang Terjadi saat H- dan H+ Pasca lebaran

09:33
H+ dan H- bukanlah simbol sinyal, namun jarak waktu dengan hari H, nah jadi jika H- Lebaran berati beberapa hari sebelum lebaran tergantung seberapa H- tersebut kalo H-3 lebaran berati 3 hari sebelum Lebaran, nah sebaliknya jika H+ berati hari sesudah lebaran tergantung juga dengan seberapa H+ tersebut jika H+5 berati 5 hari sesudah pasca lebaran.

bis mudik lebaran

nah...ngomong-ngomong tentang lebaran pastinya akan erat hubungannya dengan umat muslim, yaps...karena lebaran atau bahasa lengkapnya Idul Fitri menjadi hari raya umat muslim di seluruh dunia.

bukan hanya berkaitan dengan umat muslim, Idul Fitri atau lebaran juga sangat erat hubungannya dengan yang namanya Mudik, yaps....tradisi orang indonesia saat menjeang ramadhan, semua orang berbondong bondong pulang kampung menuju tempat halaman rumah masing masing.

oke...mari kita berfikir, semua orang pergi ke rumah halaman masing masing di kampung atau mudik pastinya menggunakan sebuah moda transportasi untuk mengantar  mereka, entah itu motor, mobil, bis, kereta, maupun pesawat.

Yang Terjadi saat H- dan H+ Pasca lebaran 

nah...hubungannya dengan hobi suka foto bis ialah, ketika pasca bulan ramadha arus mudik menjadikan terminal-terminal akan kebanjiran penumpang, untuk itu banyak armada bus yang bekerja sibuk mengantarkan penumpang kerumah halaman masing-masinng untuk mudik, kita sebagai para pecinta bis atau bismania atau buslovers pastinya berpengaruh ketika adanya pasca mudik ssebelum lebaran.

nah apa pengaruh tersebut...? nah untuk itu kali ini saya akan membahas tentang pengaruh H- dan H+ pasca lebaran atau idul fitri, oke langsung saja berikut merupakan hal-hal yang terjadi saat H- dan H+ pasca lebaran idul fitri

1. Bus Semakin Rame

yaps...salah satu hal yang selalu diharapkan para bismania atau buslovers. hunting itu bukannya mencari bis yak...? nah kalo bisnya rame pastinya membuat hati riang😅 walaupun panas panasan, rasanya gak terasa kalo mendapat bis yang kita incer.

dengan adnya pasca mudik sebelum lebaran, banyak orang lebih memilih moda transportasi darat khususnya bis, karena di anggap lebih ekonomis. oleh karena itu banyak armada bis disibukan dengan melonjaknya penumpang bus karena adanya arus muudik pasca sebelum lebaran idu fitri.

kebanjiran bis bukan hanya datang pasca mudik lebaran idul fitri atau H- lebaran, kebanjiran bis juga datang ketika H+ lebaran idul fitri, atau yang biasa disebut dengan arus balik, nah araus balik ini kebalikan dari arus mudik, jika arus mudik adalah perjalanan dari kota menuju kampung halaman, namun arus balik merupakan perjalanan dari kampung halaman menuju kota. nah...jika seseorang puang dengan alat bantuan transportasi dipastikan pulangnya juga menggunakan alat transportasi juga kecuali jika pulangnya di antar, nah hal tersebut yang menyebabkan pada arus balik mudik juga merupakan keberkahan tersendiri bagi bus lovers.

2. Munculnya Team Puter Walik

oke, pengaruh kedua saat H- lebaran seanjutnya adalah, munculnya team puter walik, yaps...team puter walik atau dalam bahasa indonesia berati team putar balik. nah siapakah team putar balik tersebut...? team putar balik merupakan sebutan bagi armada yang tidak ingin terkena macet dengan cara menggunakan jalur yang lainnya, oke... sebut saja bus joyo boyo adalah bus jurusan jakarta-surabaya, nah biasanya bus joyo boyo ini melewati jalur pantura, namun jalur pantura mengalami macet total sehingga bus ini putar balik mengunakan jalur selatan untuk menggindari macet di pantuura.

biasanya kasus team puter walik diatas sering teradi di dunianyata, hal ini sangat mengntungkan bagi anak-anak bismania di jalur selatan, karena jarang sekali mereka melihat bus pantura melewati jalur selatan.

3. Munculnya OMTELOLETOM

siapa sih yang gak tau tentang klakson yang melegenda ini, yap telolet dengan sebutan OMTEOLETOM klakson ini sempat menjadi viral di Dunia, sampai saat itu banyak menggunakan Hastag #omteloletom_GoInternasional. namun sekarang pm teloet om sudah tak setenar dulu lagi.

bis mudik lebaran

tapi dengan adanya H- labaran atau pasca mudik, dipastikan omteloletom akan muncul kembali, walaupaun gak akan setenar  dulu. Mengapa...? karena munculnya berbagai banyak macam bus saat mudik dengan klakson teloetnya segingga menjadi daya tarik anak anak untuk OmTeloletOm.

4. Munculnya Mania Musiman

bukan hanya munculnya wabah Om Telolet Om, munculnya para pecinta bis musiman atau mania musiman juga akan wajar kita temukan pasca mudik sebelum lebaran, bayangkan saja melihat bus lalu lalang dengan pertimbangan hobi suka foto bis sekarang menjadi hobi yang disegani bahkan dikenal banyak masyarakat yang menyebabkan tertariknya memotret bis saat lalu lalang arus mudik. namun kenyataannya ketika sudah tidak ada lagi mudik dan arus balik, dia hilang lenyap begitu saja, ahsudahah:v.

5. Banyaknya Armada Parwis menjadi AKAP

dengan adanya mudik dan araus balik, harus memaksakan banyak PO untuk sibuk dengan banyaknya penumpang, dengan banyaknya penumpang untuk mudik, ada beberapa Po kekurangan armadanya untuk melayani arus mudik lebaran, oleh karena itu banyak bus-bus pariwisata disulap menjadi bus AKAP atau dengan sebuutan sebagai armada bantuan, sebut saja PO. Syafara Cahaya Hoiday atau bis SCH cap kalajengking;V, bis SCH menjadi langganan armada bantuanya PO. Maju Lancar.

6. Semakin Bersemangat Hunting

siapa sih yang akan sia siakan moment tahuanan ini, pastinya semua mania menunggu-nunggu moment yang namanya mudik. mment mudik menjadikan bersemangat hunting karena mudik menyebabkan meningkatnya volume bus. oleh karena itu biasanya hal tersebut menyebabkan banyak mania bersemangat hunting.

nah...semoga artikel tentang beberapa hal yang terjadi saat H- dan H+ lebaran bermanfaat, jika terdapat keslahan penulisan atau kesalahan dalam menggunakan  kata mohon dimaafkan atau bisa komentar dibawah ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »