JANGAN HUNTING KALO BELUM SAFETY (tips safety Hunting bis)

05:28
wah....judulnya sangat sadis yakk😅😅, tapi emang safety itu sangat penting bagi para mania karena safety hunting itu menyangkut keselamatan jiwa dan raga kamu.
"kok.....menyangkut keselamatan mas...?"
dari artinya aja udah jelas, safety artinya Keamanan dan Hunting artinya pemburuan/berburu. jadi kesimpulannya safety hunting itu adalah keamanan yang harus dipatuhi saat melakukan pemburuan bis.
macam-macam safety hunting

jadi sebaiknya kita memahami dan mematuhi aturan-aturan safety hunting agar kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. karena biasanya kita hunt di pinggir jalan, di terminal, di rest area, di obyek wisata, dan dll. yang jauh dari pengawasan orang dewasa


"nah...terus peraturan safety hunting itu apa aja mas...?"
nah itulah topi kali ini, yaitu macam-macam safety hunting. tips safety huting ini tidak hanya untuk keselamatan diri sendiri saja tapi untuk oang lain, dan bahkan untuk si driver bis sendiri.

langsung saja kita bahas satu persatu tips safety hunting bis, yang pertama adalah:

1. JANGAN TERLALU DEKAT DENGAN JALAN RAYA

ini dia peraturan pertama yang sangat penting di patuhi oleh mania, dijalan raya itu tempatnya kendaraan melaju dengan cepat, dan ada beberapa jenis kendaraan yang melaju di jalan raya.

dan sangat membahayaakan jika kita terlalu denkat dengan jalan raya karena bisa saja kita senggolan dengan kendaraan yang melaju dijalan raya. 

"nah tersu jarak aman buat hunt berapa meter mas...?"

jarak aman buat hunt adalah MInimal 1meter, jadi jika kamu hunt dengan jarak lebih dari 1 meter, bisa dikatakan udah safety

2. JANGAN MENGGUNAKAN FLASH

"loh kok gak boleh mas...? padahal bisa membuat foto lebih terang loh pada malam hari"
wah....kamu salah besar tentang ini........ kamu tahu flash itu cahaya....? dan cahaya itu sifatnyaa menyilaukan bagi mata. jadi secara logika flash akan menggangu penglihatan supir bis, bahkan sangat membahayaakan sekali karena flash bisa membuat kebutaan sementara. 

bahaya kan...?karena hanya dengan flash bisa mencelakaan 1 buah bus besar.
sebenarnya kamu boleh menggunakan flash, tapi dengan catatan: bus dalam keadaaan tidak sedang melaju, tidak ada supir di dalam bus, tidak ada penumpang didalam bus, dll.

3. BUDAYAKAN TIDAK NGEMIS TELOLET

ini adalah yang biasanya dilakukan oleh maniak-maniak kecil. secara logika ngemis telolet itu harus dekat dengan jalan supaya sopir melihat mereka dan memeberinya telolet, padahal kita tidak boleh terlalu dekat dengan jalan kerena bahaya.

dan maniak ketika ngemis telolet juga biasanya teriak sekencaang-kencangnya supaya sopir mendengan dan memberi telolet. padahal diluar sana banyak orang yang merasa terganggu dengan jeritan suara anak ngemis telolet. emangnya suara lu bagus...?😄

dan secara logika teloelet itu suaranya kenceng banget dan bisa menggangu masyarakat sekitar dan juga para penumpang bus. pernah ada kejadian yang terjadi pada bus teloelet, penumpang sebenarnya merasa kurang nyaman mendengar suara teloelet yang begitu kencang nya, apalagi penumpang yang sedang tidur.

4.PILIH TEMPAT HUNT YANG AMAN

"emang ada hubungannya sama safety hunting mas...?"
ya jelas ada lah... bayangkan kalo kamu hunt di tempat sepi contohnya: Huntan, pastinya kamu sangat rawan buat kasus kejahatan.

dan jangan sampai kita hunt di tempat yang kita tidak ketahui dimana kita berada, itu sangat berbahanya karena itu namanya Bolang(Bocah Ilang)😅. jadi pintar pintarlah memilh tempat hunt yang senyaman mungkin, dan aman buat hunt sendirian. untuk tips memilih tempat hunt,
BACA JUGA:TIPS MEMILIH SPOT HUNTING

5.TIDAK MENGAWAL BIS

"emang yang namanya mengawal bis itu gimana mas...?"
yang namanya mengawal itu adalah mengikuti/ mendepani bis/yang dikawal, syukur sih kalo yang ngawal itu memakai helm, nah kalo tidak memakai apa-apa gimana cobaa....? sangat bahaya kan.

biasanya juga yang ngawal nyetirnya sok-sokan ngeblong sana-ngeblong sini biar jadi perhatian si supir. dan sok-sokan balapan sama bis yang di kawal.

dan biasanya yang ngawal itu berboncengan 2 anak, yang 1 buat mengendarai motor, terus yang 1nya lagi yang memfoto/ memvideo bis tersebut. lebih parahnya lagi kalo si A ngajak selfie anak si B yang sedang mengendarai motor. pastinya si B akan tertuju pada kamera, bukan pada keselamatannya. jadi janganlah bertindak bodoh hanya demi sebuah bis.

sebenarnya kita boleh ngawal, tapi jangan bertindak konyol seperti yang datas, asalkan kita mempunyai perlengkapan berkendara yang lengkap buat ngawal. dam jangan ngawal dengan ugal ugalan, cukup mengikuti dari belakan.

6. TIDAK MENG UNGGAH VIDEO AKSI BLONG BIS

"loh....kenapa gak boleh mas...? kan videonya seru"
iya sih seru tapi. ini adalah kejadian yang baru baru terjadi yang menimpa sopir bis. karena ulah maniak, si supir dipecat oleh PO.

bayangkan saja..... jika kamu mengunggah video aksi gila driver bis, dan video tersebut diketahui oleh PO, nantinya PO akan menyelidiki siapa dibalik kemudi aksi gila tersebut. karena sudah jelas bahwa seluruh driver tidak boleh ugal ugalan di jalan raya. dan jika sudah ketahuan driver tersebut, nantinya driver bisa di beri sanksi, nah kalo di pecat gimana coba..?

kita sebenranya boleh mengoleksi video macam tersebut, tapi tolong lah...jangan unggah ke medsos. emangnya kamu mau bertanggung jawab memberi makan untuk beberapa perut,,,?

7. IZIN KE ORANG TUA

"loh...kok izin ke orang tua...? emang apa hubungannya"
pastinya tetep ada hubungannya, bayangkan jika kamu pergi hunt menggunakan motor tanpa sepengetahuan orang tua, dan waktu itu juga orang tuamu akan ke pasar, padahal orang tuamu tidak mengetahui kamu entah dimana. jangan hanya dengan hunt bisa membatalkan kegiatan orang lain.

nah itulah beberapa tips macam-macam safety hunting bis yang harus kamu lakukan sebelum melakukan hunting.

janganlah bersikap bodoh demi foto/video bus, karena dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

lagi pula ini sekedar hobi bukan lebih. jadi SAFETY DI MULAI DARI SEKRANG, KEEP CALM AND SAFETY HUNT

Artikel Terkait

Previous
Next Post »